Bantuan Korban Gempa, Wujud Kemanunggalan Persit KCK dengan Masyarakat

0

PALU, Mediaexpresnews.co.id – Ny. Nila Agus Sasmita selaku Ketua Persit Kartika Chandra Kirana (Persit KCK) Koorcabrem 132 PD XIII Merdeka, beserta Ny. Sampang Sihotang dan Ibu Dandim 1306/Donggala memberikan bantuan berupa paket logistik dan tenaga kesehatan kepada masyarakat korban Gempa dan Tsunami di Desa Puroo Kecamatan Lindu Kabupaten Sigi, Rabu (10/10/2018). Bantuan tenaga kesehatan dilakukan bersama dengan anggota Yonkes Divisi 2 Kostrad dan relawanRS Antapura.

“Pemberian bantuan ini, merupakan bentuk kepedualian dan empati seluruh keluarga besar Persit KCK kepada warga masyarakat yang selama ini telah menjadi bagian keluarga kami” ujar Ketua Persit Kartika Ny. Agus Sasmita.

“ Tentu yang kami berikan tidaklah seberapa dibanding dengan penderitaan dan kesulitan yang warga rasakan, namun setidaknya dengan penuh ketulusan dan keikhlasan ini dilakukan sebagai salah satu bentuk rasa senasib sepenanggungan kita bersama dan dapat meringankan beban warga” terang istri Danrem 132/Tdl Kolonel Inf Agus Sasmita ini.

Dampak dari gempa berkekuatan 7,4 Skala Richter pada hari Jumat minggu lalu (28/9/2018), menimbulkan gelombang tsunami setinggi kurang lebih 6 meter. Wilayah Palu – Donggala dan sekelilingnya pun menyisakan puing-puing bangunan serta rumah warga yang hancur, bahkan banyak diantaranya yang tidak hanya kehilangan keluarga yang meninggal namun juga terpisahkan saat evakuasi.

Pada kesempatan yang sama Ibu Ketua Persit KCK menyampaikan serta menghimbau kepada para warga agar tetap bersabar dalam menghadapi kondisi seperti saat ini. Nila Agus Sasmita juga mengajak masyarakat Puroo untuk membangun SulawesiTtengah bangkit kembali terutama Desa Puroo untuk menjadi yang lebih baik.

“Keperihatinan masyarakat, sesungguhnya juga menjadi keperihatian kita bersama. Hingga kini, kami pun masih banyak yang tidur di tenda pengungsian bersama warga. Oleh karena itu mari kita sama-sama saling menguatkan, bahu-membahu untuk menata kembali kehidupan keluarga serta lingkungan kita” imbaunya.

“Partisipasi kita tentunya dapat dilakukan sesuai dengan apa yang dapat dilakukan, utamanya adalah mari kita lakukan semuanya dengan bergotong royong,” pinta Nila Agus Sasmita

Menurut Nila Agus Samita, peran isti prajurit pada dasarnya sama dengan suaminya,” selain sebagai istri prajurit dan ibu rumah tangga, kita tergabung dalam organisasi Persit yang salah satu tujuannya adalah membangun kemanunggalan dengan para masyarakat sekitar, diantaranya melalui berbagai kegiatan bakti sosial yang diarahkan untuk membantu meringankan kesulitan masyarakat.

“Anggota Persit KCK harus dapat mewujudkan kemanunggalan Persit dengan masyarakat karena Persit berasal dari masyarakat dan bekerja bersama dan untuk masyarakat”, pungkasnya.

Sementara itu dilokasi yang sama, atas nama ibu-ibu warga, Sumbia dan Mistiah mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh para istri tentara ini.

(Manurung)

Leave A Reply

Your email address will not be published.