Seratus Milenial Akan Dampingi Para Veteran dari Seluruh Indonesia Rayakan Hari Veteran

0

JAKARTA, Mediaexpresnews.co.id – Seratus anak-anak muda yang lebih populer dipanggil generasi milenial akan mendampingi para veteran pejuang kemerdekaan dalam perayaan Hari Veteran, 10 Agustus 2018, yang rencananya akan diselenggarakan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Peringatan Hari Veteran rencananya akan dipimpin oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Para veteran ini didatangkan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia oleh Kodam di mana para legiun veteran itu tinggal. Sebagian dari antara mereka ada yang terlibat aktif dalam perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia. Selama di Jakarta, mereka akan didampingi oleh seratus anak-anak muda dalam program “Sehari Bersama Veteran”.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan anak-anak muda yang sekarang sudah menikmati kemerdekaan dengan para pejuang yang merebut dan mempertahankan kedaulatan republik. Anak-anak muda tersebut selama kegiatan akan mendampingi, berdialog, berdiskusi, dan melayani para veteran, mulai dari menjemput di hotel tempat menginap, membantu keperluan para pejuang selama mengikuti jalannya acara.

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko memerintahkan langsung para milenial yang bekerja di Kantor Staf Presiden untuk memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada para pejuang itu. “Mereka telah mengorbankan nyawa, keringat, dan harta mereka untuk republik. Kita yang sekarang ini menikmati, bertanggung jawab penuh untuk memuliakan mereka, menghormati jasa-jasa mereka,” kata Panglima TNI 2013-2015 ini dalam rapat persiapan kegiatan ini di Gedung Bina Graha, Jakarta, 9 Agustus 2018.

Ia menambahkan bahwa kegiatan ini juga menjadi bagian dari proses pembelajaran anak-anak muda untuk mengetahui, mengenal, dan mendengar kisah-kisah para pejuang tersebut dalam perjuangan mendirikan dan mempertahankan republik. “Anak-anak muda harus dikenalkan, diajak terlibat, dalam kegiatan seperti ini supaya kecintaan mereka terhadap bangsa dan negaranya tumbuh dengan baik,” imbuh Moeldoko.

Ia juga mengucapkan terima kasih atas upaya para prajurit di Kodam-Kodam yang telah membantu mengupayakan kedatangan para veteran ini ke ibukota. “Bukan pekerjaan mudah mendatangkan mereka. Untuk itu, saya mengapresiasi kerja keras dari para prajurit dan para panglima di Kodam-Kodam tersebut,” katanya.

Setelah kegiatan peringatan Hari Pahlawan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, para veteran akan diterima Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan, ditemani oleh anak-anak muda. Dalam ramah tamah tersebut, Presiden akan berdialog dan mendengar nasihat para veteran tentang harapan-harapan mereka kepada pemimpinnya, dan pesan-pesan mereka kepada anak-anak muda Indonesia.

(D.Manurung)

Leave A Reply

Your email address will not be published.